Tuesday, April 30, 2013

5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Wajah

Beberapa kebiasaan di bawah ini yang dapat berakibat fatal bagi kesehatan kulit.

JERAWAT, kekeringan, hingga iritasi membuat kulit berkurang kecantikannya. Masaah-masalah kulit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari pengaruh iklim sampai kebiasaan-kebiasaan yang kerap dianggap remeh namun sebenarnya berbahaya bagi kulit.

Seperti beberapa kebiasaan di bawah ini yang dapat berakibat fatal bagi kesehatan kulit.
1. Tidur dengan make upLelah dan mengantuk sepulang beraktivitas membuat banyak wanita kerap tertidur tanpa mencuci wajah dan menghapus riasan wajah terlebih dahulu. Padahal kosmetik yang tertinggal di wajah akan menyumbat pori-pori serta menyebabkan kulit menjadi berjerawat dan iritasi. Biasakan diri untuk selalu membersihkan wajah sebelum Anda tidur agar kulit dapat “bernapas” dengan lega.
2. Memakai kosmetik kadaluwarsaSama seperti makanan dan minuman, kosmetik juga punya tanggal kadaluwarsa. Beri tanda tanggal pembelian di kemasan kosmetik agar Anda tahu kapan harus membuangnya. Kosmetik berbentuk cair dapat bertahan selama 6-12 bulan, sedangkan eye shadow padat bisa disimpan sampai 3 tahun asalkan permukaannya tetap bersih.
3. Menggunakan spons dan kuas kotorKuas dan spons make up perlu dibersihkan secara rutin. Menggunakan peralatan make up yang kotor dapat menimbulkan gangguan kulit yang fatal, salah satunya infeksi dan penumpukan sel-sel kulit mati. Bakteri yang menumpuk di peralatan rias harus disingkirkan lewat membersihkan spons dan kuas sekali dalam seminggu. Caranya, direndam dengan cairan sabun atau dioles dengan alkohol.
4. Menggosok wajah terlalu kerasIngat, wajah Anda bukan lantai kamar mandi yang harus digosok keras-keras saat dibersihkan. Saat membersihkan wajah dengan sabun muka atau scrub, gosok wajah dengan lembut dan perlahan agar tidak merusak permukaan kulit. Kulit yang terlalu sering digosok dengan kencang dapat mengganggu lapisan lemak alami, sert meningkatkan produksi sebum yang memicu jerawat dan kulit berminyak secara berlebihan.
5. Mengulang riasan wajahKurangi kebiasaan mengulangi riasan wajah, terutama di siang hari. Mengulang aplikasi foundation atau bedak tabur dapat menyumbat pori-pori dan memicu iritasi, jerawat dan komedo. Gunakan kertas minyak untuk mengurangi efek mengkilat pada wajah yang berminyak, kemudian baru bubuhkan bedak tabur.

diambil dari: (JERAWAT)


No comments:

Post a Comment